Anggaran Kesehatan 2021 Dipangkas, Ekonom: Gimana Mau Vaksin Gratis?

 

Budget bagian berbelanja kesehatan di tahun 2021 tertera alami pengurangan 20,1 % dari Rp212,5 triliun pada 2020 jadi Rp169,7 triliun pada 2021. Sesaat budget untuk perlakuan COVID-19 tertera turun dari Rp87,5 triliun tahun ini jadi cuma Rp25,4 triliun pada 2021.


Ekonom Senior sekaligus juga Pendiri Instansi Indef, Prof.Dr. Didin S. Damanhur sayangkan hal itu, ditambah lagi sejauh ini presiden Joko "Jokowi" Widodo tetap menjelaskan ingin konsentrasi pada kesehatan.


"Budget turun, apa berarti itu? Peluang tidak ada vaksinasi gratis dengan cara massal," tuturnya, Selasa (8/9/2020).


1. Semestinya budget kesehatan bertambah dinaikkan


Menurutnya, bila memang pemerintah konsentrasi pada kesehatan semestinya budget kesehatan bertambah dinaikkan, hingga vaksin yang direncanakan bisa dibuat massal pada Januari kelak bisa diberi dengan gratis.


Terpercaya Bagi Pemula main game slot "Sebutkanlah enam bulan sampai Juli semasa enam bulan gratis, serta itu harus ada budget yang besar," katanya.


2. Ongkos kesehatan semestinya untuk selamatkan ekonomi


Ia menjelaskan, seringkali pemerintah serta beberapa ekonom memandang jika ongkos untuk keselamatan jiwa adalah biaya, walau sebenarnya ongkos kesehatan adalah penyelamat ekonomi.


"Jika memang ingin konsentrasi malah harus dinaikkan, ditambah lagi ada vaksinasi massal," katanya.


3. Awalnya disebut akan ada dua proses vaksinasi


Awalnya Menteri BUMN, Ketua Eksekutor Komite Perlakuan COVID-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus juga Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan untuk kurangi beban budget negara, pendistribusian vaksin Corona akan dipisah dalam dua proses.


Pertama, vaksin gratis buat warga yang tercatat di BPJS Kesehatan, lantas yang ke-2 lewat vaksinasi mandiri, untuk orang yang dapat.


"Kelak ada dua type vaksinasi. Satu menggunakan pertolongan pemerintah. Jadi APBN berdasar data BPJS Kesehatan. Ada pula vaksinasi mandiri, jadi jika ingin bayar sendiri," katanya.


Postingan populer dari blog ini

acts with another person

Dampak Resesi Bisa Ancam Sektor Pariwisata Jadi Zombi

It is an extremely stylish examine," states Andrew Bassettmovof research